Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

perayaan tahun baru di dunia

Tahun baru diidentik dengan pesta. Berbagai perayaan pun datang disetiap negara. Bagaimana setiap negara merayakan tahun barunya tergantung dari tradisi negara tersebut. Yuk kita intip berbagai perayaan tahun baru di setiap negara di dunia.
















Amerika Serikat
Di Amerika Serikat perayaan tahun baru ditandai dengan penurunan bola raksasa di Times Square. Di tempat inilah setiap tahun orang-orang Amerika Serikat berkumpul merayakan tahun baru. Bola yang dijuluki big apel ini dibuat dari Waterford Crystal dengan diameter 182,8 cm, dan berat 485,34 kg. Pada pukul 23.59.00 bola diturunkan bola diturunkan dari tas gedung dan sampai dibawah pada pukul 00.00.


Brazil
Di Brazil tahun baru dikenal dengan Vespera de Ano Novo. Orang-orang di Brasil merayakan tahun baru dengan mengadakan pesta dan pertunjukkan musik. Pesta tahun baru yang terkenal di Brasil dapat kita lihat di Pantai Copacabana dan Rio de Janeiro. Bahkan, di kota Sao Paulo mengadakan pertandingan Maratahon Saint Silvester yang diikuti oleh pelari marathon di seluruh dunia. Kebayang gak tuh malam-malam Marathon?


Skotlandia
Di Skotlandia tahun baru yang dikenal dengan Hogmanay ditandai dengan penembakkan meriam dari Istana Edinburgh. Tahun baru di negara ini juga ditandai dengan di kumandangkannya lagu Auld Lang Syne yaitu lagu penutup tahun. Sedangkan di London, pesta kembang api besar-besaran berlangsung di London Eye selama sepuluh menit.



Denmark
Selain menggunakan kembang api dan Sampanye untuk merayakan tahun baru, di negara ini juga berlangsung acara makan malam dengan makanan penghidang kue bolu tradisional marzipan ring cake.Penduduk Denmark biasanya berkumpul di Balai Kota Kopenhagen untuk merayakan tahun baru. Salah satu stasiun televisi di negara ini tidak pernah absen menayangkan film komedi saat pergantian tahun.



Ekuador
Cara perayaan tahun baru di Ekuador terbilang unik. Pasalnya, tokoh-tokoh polotisi yang tidak disukai dijadikan model orang-orangan dari jerami, kertas koran, pakaian usang. Saat tahun baru datang orang-orangan ini pun di bakar. Hal ini melambangkan terhapusnya tahun yang lewat dan datangnya tahun yang baru. Ada juga tradisi “Janda Menangis”. Laki-laki yang berpakaian wanita harus membuat sebanyak mungkin orang tertawa dan menangis. Orang-orang sekelilingnya lalu memberinya uang sekedarnya. Tidak hanya itu saja, tradisi lain yang melekat adalah memakan 12 buah anggur sambil mengucapkan 12 permohonan. Memakai baju kuning pun di percaya akan mendapatkan keberuntungan. Sementara itu, kalau kita liat ada orang yang membawa koper keliling itu juga suatu tradisi yang artinya pemiliknya akan bisa berpergian ke tempat idamannya.



Filipina
Perayaan tahun baru di Filipina dilakukan denmgan acara makan malam bersama keluarga dan teman dekat. Saat tahun baru mata kita tak henti-hentinya melihat orang yang menggunakan pakaian polkadot. Motif bulat-bulat pada baju tersebut dipercaya akan mendatangkan uang dan keberuntungan. Selain itu, ada lagi tradisi mengguncang uang logam didalam panci bertutup sambil berkeliling di luar rumah juga dipercaya akan mendatangkan keberuntungan.


nah,ini di negara kita INDONESIA
Di negara kita ini perayaan pesta tahun baru di identik dengan keluar rumah dengan menggunakan motor dan mobil. Suara terompet pun memenuhi jalanan saat pergantian tahun. Kembang Api pun bermunculan di angkasa. Jalan-jalanan utama pun ramai dengan orang-orang yang konvoi bersama teman dan keluarga.


Jepang
Di Jepang sendiri, masyrakatnya disibukkan dengan tradisi “toshi koshi” atau melewatkan tahun. Pada malam tahun baru di Jepang terdapat tradisi memakan soba dan ikan sarden. Tradisi lain adalah adalah menyambut toshigami atau dewa akhir tahun. Caranya ialah dengan tidak tidur semalaman. Orang yang lekas tidur dipercaya rambutnya akan beruban. Di kuil-kuil dilakukan tradisi membunyikan genta malam tahun baru sebanyak 108 kali yang melambangkan jumlah nafsu manusia.



Kanada
Bagi masyarakat Kanada tahun baru dan natal merupakan kesempatan untuk bertemu keluarga dan makan enak di rumah.Perayaan tahun baru di sini lebih banyak dilakukan bersama keluarga di dalam rumah sambil menukarkan kado. Sedangkan di kawasan pedesaan orang-orang mengendari kereta salju pesta bistik dan barbekyu di perbukitan. Ada juga yang merayakan tahun baru dengan memancing ikan di tengah es. Sedangkan pestra kembang api dilaksanakan di Toronto, Montreal and Niagara Falls, Ontario.



Meksiko
Sambil mengikuti bunyi lonceng masyarakat meksiko melahap duabelas buah anggur. Sebuah anggur di ucapkan dengan sebuah harapan di tahun berikutnya. Orang yang ingin mencari pasangan saat tahun baru mereka menggunakan pakaian dalam berwarna merah. Sedangkan orang yang menggunakan pakaian kuning artinya mereka berharap akan didatangkan rezki. Sama halnya dengan Ekuador negara ini juga mempunyai tradsis menyapu sampah keluar rumah, membawa koper ke luar rumah. Termasuk menggantung menggantung boneka domba dari benang wol di pegangan pintu.


Turki
Perayaan tahun baru di Turki di meriahkan dengan hiasan Natal dan dekorasi hari raya atau Bayram.Tradisi negara ini adalah melaksanakan tukar kado dan acara makan malam bersama keluarga. Selain itu, acara tahun baru juga di meriahkan dengan acara musik dan kesenian tradisional seperti Karagoz dan Hacivat. Ada juga pertunjukkan tari, konsr dan pertunjukkan sinar laser.
Pemerintah Turki juga tidak mau ketinggalan dengan ikut berpartisipasi dengan acara pengumpulan dana bagi orang tidak mampu.



Venezuela
Masyarakat Venezuula yang ingin mendapatkan pacar di malam tahun baru harus menggenakan pakaian dalam berwarna kuning. Sedangkan orang yang ingin mensdapatkan rezki harus memiliki uang kertas pecahan besar ketika mengangkat gelas untuk bersulang. Di negara ini rupanya juga ada tradisi membawa koper keliling rumah.
Sementara itu, penduduk Caracas menantikan lonceng gereja katedral Caracas yang berbunyi sebanyak 12 kali. Sedangkan radio di Venezuela memutar lagu sedih di akhir tahun.


Perayaan Tahun Baru identik dengan late-nite partying, family gatherings, feasting, bertukar kado dan semarak kembang api dan aktivitas keriaan lainnya. Beberapa lagu gubahan musikus dunia seperti Auld Lang Syne, It Was a Very Good Year oleh Frank Sinatra, It's Just Another New Year's Eve oleh Barry Manilow, A Long December oleh Counting Crows dan lagu-lagu lain yang bertemakan Tahun Baru menjadi lebih familiar di telinga kita karena menjadi most requested songs dan top airplay di hampir seluruh radio-radio di dunia. Masyarakat bersuka cita menggantungkan harapan-harapan dan mulai membuat resolusi di tahun mendatang.

Bila melongok sejarahnya, penetapan 1 Januari sebagai pertanda Tahun Baru bermula pada abad 46 Sebelum Masehi (SM). Ketika itu Kaisar Julius Caesar membuat kalender Matahari. Kalender yang dinilai lebih akurat ketimbang kalender-kalender lain pernah dibuat sebelumnya.

Sebelum Caesar membuat kalender Matahari, pada abad 153 SM, Janus seorang pendongeng di Roma yang menetapkan awal mula tahun. Dengan dua wajahnya, Janus mampu melihat kejadian di masa lalu dan masa depan. Dialah yang menjadi simbol kuno resolusi (sebuah pencapaian) Tahun Baru. Bangsa Roma berharap dengan dimulainya tahun yang baru, kesalahan-kesalahan di masa lalu dapat dimaafkan. Sebagai penebus dosa, tahun baru juga ditandai dengan tukar kado.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa tahun baru masehi awalnya merupakan suatu ritual Bangsa Roma, dan bahkan dianggap sebagai penebus dosa.

Di beberapa belahan dunia, ternyata banyak diataranya masih memegang tradisi perayaan tahun baru yang unik dan diantara lainnya terbilang sangat aneh.

1. New Year Dive

Baikal - Rusia adalah danau terdalam di dunia sekaligus menjadi taman reservasi dalam air terbesar di bumi, memiliki tradisi tak biasa dan berbahaya. Penyelam profesional akan membuat potongan di atas lapisan es yang memenuhi seluruh permukaan danau, menyelam sejauh 40 meter dan memulai ritual tak biasa. Dimulai dengan membawa dan menancapkan pohon tahun baru di dasar danau lantas menari-nari mengitari pohon tersebut. The Ice Maiden dan Father Frost, duo popular figures dari Russia turut serta dalam ritual ini dan para scuba-divers akan mengabadikan momen tak terlupakan ini.
Ritual ini sudah dimulai sejak tahun 1982.



2. New Years at the Cemetery

Tradisi ini dimulai sejak tahun 1995, ketika satu keluarga di Chile menghabiskan malam tahun baru di atas kuburan sang ayah. Tradisi ini kemudian diadaptasi oleh kebanyakan orang Chile. Sekitar pukul sebelas malam, penjaga membuka gerbang pekuburan dan membiarkan hampir 5,000 orang memasuki pelataran pekuburan, diiringi ratusan cahaya lilin dan nyanyian. Kemudian, masing-masing dari mereka berdiri di atas kuburan orang-orang yang mereka cintai sampai malam tahun baru usai.

3. New Year Spiritism

Kebanyakan orang sibuk membuat resolusi awal tahunnya. Di televisi, reality show, sitkom atau soap opera sudah umum menghadirkan para ahli spiritual, fortune-teller untuk memaparkan resolusi yang akan dilewati sepanjang satu tahun ke depan. Begitu pula dengan yang terjadi di Mexico. Di the Taos Inn, hanya dengan merogoh kocek 15 dollar, Anda bisa mendapatkan sessi 15 menit pengalaman spiritual dan meditasi juga dapat berkomunikasi dengan orang-orang terdekat dari dunia lain.



4. New Year Soap - Opera

Istilah tahun baru di Jerman adalah New Year's Silvester. Sejak tahun 1972, beberapa stasiun televisi di Jerman menayangkan secara live a short English theatrical performance berjudul Dinner for One. Menonton Dinner for One dengan sketsa komedi, angle dan prosedur yang sama tiap tahunnya, telah menjadi tradisi tahun baru paling populer di negara yang terkenal dengan reputasi negara yang paling banyak menghabiskan dana untuk firekrackers dan fireworks-nya.

Kawan, kita tidak sedang bicara tentang serial sitkom "it's a wonderful life' dengan host Frank Capra yang diputar di televisi Amerika sepanjang musim Natal, tetapi kita sedang membicarakan sebuah serial pendek televisi yang tidak pernah sekalipun on air di daratan Inggris atau negara di daratan Eropa lainnya yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional, tetapi sangat poluper di Jerman. Sebuah bangsa yang amat sangat membanggakan bahasa dan serangkaian ritual kebangsaannya.

5. New Year's God

Siapa bilang orang Jepang tidak merayakan tahun baru? Sedikit berbeda dengan negara di belahan dunia yang lain dan mengingat Jepang adalah negara yang sangat kental dengan tradisi, umumnya penyambutan perayaan tahun baru di sebut dengan toshigami, tahun baru menyambut kehadiran Tuhan. Orang Jepang biasa melakukan ritual membersihkan rumah dan mempersiapkan Kadomatsu dan atau Shimenawa untuk menyambut kedatangan Tuhan sebelum malam tahun baru tiba.

Uniknya, kuil-kuil Budha di Jepang tidak membunyikan lonceng sebanyak 12 kali atau mengharuskan memakan buah anggur sambil make a wish seperti kebanyakan orang, tetapi membunyikan lonceng sebanyak 108 kali pada pertengahan malam menjelang tanggal 31 Desember ke 1 Januari.

Lonceng ini dinamakan joya no kane dalam bahasa Jepang artinya bunyi lonceng pada malam tahun baru. Tiap lonceng menggambarkan 108 elemen of bonnō , penebusan dosa atas kekotoran jiwa dan perilaku atau kilesa dalam bahasa sansekerta, yang terdapat di masing-masing pemikiran orang Jepang.





itulah beberapa perayaan tahun baru di dunia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar