Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Media masa di Malaysia terhadap TIMNAS INDONESIA



VS








Semua media massa di Malaysia menempatkan berita kesuksesan Tim sepak bola Malaysia di halaman depan. Rata-rata media massa Malaysia membuat headline dengan judul besar dilengkapi foto tim.

Seperti Berita Harian yang menulis dengan judul “Kita Hebat”, Tulisan utama ini dilengkapi dengan foto besar satu halaman penuh Timnas Malaysia yang sedang menjulang piala.

Pada halaman khusus Final Piala AFF, Berita Harian memberi perhatian lebih terhadap beberapa media Indonesia. Berita Harian menyebutnya provokasi yang dibuat media-media di Indonesia. “Media Indonesia, ‘Main Api’” demikian tulis Berita Harian. Sembari mengulas beberapa media di Indonesia memberitakan S. Kunalan sebagai pemain impor dari India. “Karenanya, tidak heran apa saja yang bisa membuat laris surat kabar atau majalah akan disiarkan tanpa ragu dan tidak bertanggungjawab sekalipun menggores hati dan bisa memperkeruh hubungan kedua negara” tulis Berita Harian.

Sementara itu Utusan Malaysia mengangkat judul “Tabik Malaysia, Harimau Malaya Juara AFF” diselingi pengumuman oleh perdana menteri Malaysia bahwa hari ini ditetapkan sebagai hari libur bersama untuk merayakan kesuksesan Malaysia.

Ulasan lengkap mengenai hasil pertandingan ditempatkan di halaman olah raga. “Nada Riedl Masih Sombong, Walau Garuda Tumbang” tulis Utusan Malaysia. “5 Mobil Perisai Lindungi Pemain Malaysia”. Serta “Gol Safee Meyakinkan Saya: Rajagobal”.

Sementara Harian Metro memilih judul “Garuda Makan Asap” sebagai headline di halaman depan. Walau Indonesia menang di final kedua, namun Malaysia tetap juara AFF. Demikian ulas Harian Metro. Di halaman olah raga, Harian Metro memilih judul “Kamilah Juara” sambil mengulas perjuagan Safee dan kawan-kawan di bawah tekanan 95.000 suporter Indonesia dan mempermalukan Garuda di depan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Harian Metro juga menggambarkan suasana di Gelora Bung Karno yang dipenuhi pendukung Indonesia dengan menulis judul “Bagai Medan Perang”, karena timnas Malaysia harus masuk ke stadion dengan menggunakan barracuda.

Media cetak lainnya, Sinar Harian membuat headline “Garuda Patah Sayap” juga dilengkapi dengan foto timnas Malaysia yang sedang mengangkat piala. Di halaman olahraga, Sinar Harian memilih judul “Harimau Baham (terkam) Garuda”. Ulasan lengkap juga disajikan Sinar Harian dengan mengangkat judul “Harimau Ceria, Garuda Menangis Iba”.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar